Kiat Memilih Makanan Bayi yang Sehat dan Bergizi

Kiat Memilih Makanan Bayi yang Sehat dan Bergizi

harjasa - Memberikan makanan pendamping asi memang diberikan pada bayi dengan usia enam bulan. Makanan yang diberikan pun berbeda dengan jenis makanan pada orang dewasa. Hal ini karena makanan yang diberikan harus lembut dan mudah ditelan. Selain itu usahakan memilih jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Dengan memberikan makanan yang bergizi tentu saja akan memaksimalkan tumbuh kembang si buah hati Anda. Berikut ini ada beberapa kiat memilih makanan bayi yang sehat dan bergizi untuk mendapatkan kesehatan:


1. Mengenalkan makanan semi padat

Dalam memberikan nutrisi pada bayi hendaknya memberikan makanan yang semi padat. Dengan jenis makanan tersebut akan membantu dalam melatih sistem pencernaan pada bayi. Selain itu akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengidentifikasi jenis makanan apa saja yang menyebabkan alergi. Apabila Anda sudah mengetahuinya segera hindari dan ingat untuk tidak memberikan jenis makanan penyebab alergi.

2. Makanan mengandung gula asli

Saat memberikan makanan pendamping asi mulailah dengan memilih jenis gula asli. Beberapa jenis makanan yang mengandung gula asli antara lain buah dan sayuran hijau. Usahakan untuk tidak memberikan tambahan gula dan garam saat masih belum berusia dua tahun. Hal ini karena akan mengganggu sistem organ ginjal. Perlu Anda ketahui pada usia bayi dibawah dua tahun organ ginjal belum berfungsi secara sempurna. Sehingga mulailah memberikan jenis makanan yang asli saja.

3. Membuat makanan sendiri

Usahakan dalam memberikan makanan pendamping asi mulailah memberikan makanan buatan sendiri. Dengan memberikan makanan bayi  buatan sendiri tentu saja akan lebih terjamin mengenai nilai gizi dan kebersihannya. Saat Anda membuat sendiri tentu dapat memilih menggunakan buah, sayur, ikan dan berbagai jenis makanan yang bergizi. Untuk itu pastikan bahwa alat untuk menghaluskan makanan dalam keadaan bersih.

4.Selalu belajar

Ada baiknya untuk membantu dalam menyiapkan nutrisi untuk bayi Anda. Mulailah dengan selalu belajar dalam membuat makanan yang bergizi. Beberapa cara belajar dapat dilakukan dari buku, internet, orang tua, rekomendasi dari kerabat yang berpengalaman memiliki keturunan dan masih banyak lainnya. Dengan selalu belajar akan membantu dalam mendapatkan jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh Kita.

5. Mengenalkan satu jenis makanan

Apabila Anda baru saja memberikan makanan bayi kepada anak. Ada baiknya berikan jenis makanan yang tunggal tanpa campuran apapun. Misalnya saja bubur beras maka gunakan tepung beras dengan campuran susu sapi segar saja. Untuk awal jangan mencampur berbagai jenis bahan makanan. Tujuannya untuk mengenalkan berbagai jenis makanan yang ada untuk mengetahui jenis makanan yang disukai bayi Anda.

avatarTentang Penulis
blogger, tukang review, dan penjual online, yang mencoba berbagi informasi melalui blog harjasa.com

Suka artikel ini? bagikan

FacebookGoogle+Twitter
0 Komentar untuk "Kiat Memilih Makanan Bayi yang Sehat dan Bergizi"

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar Yang Baik, Perbedaan Pendapat Itu Wajar Asal Tidak Menyinggung SARA, Tidak Melakukan SPAM dan Menaruh LINK AKTIF